Jerman seharusnya menyingkirkan Ozil & Gundogan dari Piala Dunia

Stefan Effenberg, yang dikeluarkan dari skuad Piala Dunia 1994, percaya bahwa kedua bintang Arsenal dan Manchester City seharusnya telah dijatuhkan.

Mantan pemain internasional Jerman Stefan Effenberg percaya bahwa manajer Joachim Low seharusnya tidak memasukkan Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan dari tim nasional menjelang Piala Dunia.

Kedua pemain itu digambarkan bersama presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bulan lalu, yang memicu badai kontroversi.
Erdogan telah dikritik karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia, serta untuk wartawan yang sedang dipenjarakan.

Ozil tetap diam tentang masalah ini, sementara Gundogan bersiul oleh pendukung sebelum pertemuan persahabatan dengan Arab Saudi.
Dan Effenberg tidak percaya bahwa para pemain seharusnya dimasukkan dalam skuad Jerman untuk turnamen di Rusia.

“Jika Anda bertaruh pada nilai-nilai tertentu, seperti yang berulang kali disampaikan DFB, maka keputusan hanya dapat dilakukan dengan membuang dua pemain itu keluar,” kata Effenberg.

Effenberg memiliki pengalaman dikecualikan dari tim nasional, yang dikeluarkan dari panel pada 1994 setelah membuat gerakan tidak senonoh terhadap para pendukung.

“Ozil dan Gundogan sekarang beruntung bahwa DFB bertindak dalam kasus ini dengan cara yang tidak konsisten, dan tidak cepat.”

Mengacu pada pengalaman Gundogan melawan Saudi, Effenberg menambahkan: “Itu hal terburuk yang bisa terjadi pada Anda, karena Anda bertanya pada diri sendiri banyak pertanyaan, seperti nilai mengenakan jersey ini.”

Jerman dianggap sebagai salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia, dan akan menghadapi Meksiko, Swedia dan Korea Selatan di Grup F.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *